Mengapa gelar ARUD



Saya dilahirkan di sebuah desa Kecil tepatnya dipinggiran Sungai batang Kuantan dengan nama Desa Pulau Rengas Kecamatan pangean. Saya lahir tahun 1981 di keluarga miskin dengan di beri nama oleh kedua oran tua saya “yuadi” dengan nama Lengkap “aryuadi”. berkembangan dan tumbuh mejadi anak-anak pada usia “6 tahun keatas” itulah mendapat gelar “ARUD” 

Pertumbuhan sebagai anak-anak sama dengan anak-anak normal lain sebagaiman halnya tingkah laku anak-anak biasanya ada di kampung itu, sedikit dicerita kan “pada musim banjir datang kegiatannya naik sampan (perahu kecil) di tengah banjir itu, manolong (mengutip) kayu di sungai batang kuantan yang hanyut untuk kayu api, mandi-mandi, cari ikan menjaring, menjala, manjantang (pancing), datang bulan puasa ikut tradisi bodial-bodial buluah (meriam bamboo), majorek ruak-ruak, marajuik burung pipit (menangkar burug)  dan banyak lagi tradisi musiman anak-anak setiap tahunnya. Dan juga pernah waktu itu bapak saya menyuruh saya merendap beras pulut untuk buat kue, dengan kekonyolan saya, saya rendam Benih Padi bantuan Dinas Pertanian waktu karena orang-orang akan turun kesawah untuk nanam padi, sorehnya ibu saya kaget ketika ingin membuat KUE.

Keusilan, Kekonyolan, kenakalan dan kebodohan sikap dan tingkah laku masa anak-anak itu saya disebut-sebut dan di seru-serukan  “ARUD” oleh orang-orang sekitar lingkungan tempat tinggal saya baik kalangan tua ataupun muda. Waktu saya tidak marah atau sedih tetapi agak risih di sebut gelar itu, saya tetap santai jika orang menyebut /memanggil saya ARUD. Dan orang-orang yang menyebut ARUD itu tidak saya juga, ada beberapa orang yang mendapat gelar ARUD. Tetapi yang melekat betul gelar ARUD itu sampai Sekarang adalah saya sendiri.

ARUD adalah Orang atau nama orang, ARUD itu berasal dari keluarga  Suku Melayu di Air Hitam Desa Sukaping (Pangean), dan Bapak saya adalah suku melayu,  dan ada beberapa orang yang keluarga Bapak saya yang bersal dari air hitam yang beristri di pulau rengas yang kebetulan berada di lingkungan tempat saya tinggal, nah anak-anak dari bapak-bapak ini mendapat gelar ARUD, tapi saya lah yang paling sering orang memanggil ARUD dari pada abang/kakak atau adik-adik saya sepupuh.

Nah, kenapa orang-orang memanggil saya Arud? Siapa Arud itu sebenarnya?

ARUD itu adalah seorang yang kurang akal, konyol,  bodoh, malas, kerjanya hanya makan dan tidur, kesana-kemari bawa kain sarung, badan tidak terurus, tetapi dia tidak Gila (berakibat fatal kepada orang lai) pokok nya dia kalau bertindak seperti kekanak-kanakan, sekalipun dia sudah berumur dewasa atau menginjak tua. Itulah cerita dari orang-orang sebab waktu saya tidak bersua dengan ARUD karena dia sudah meninggal.

Dari latar belakang itulah saya di gelar/alias ARUD oleh orang-orang sekapung dan teman-teman sebaya, menginjak saya SMP teman saya sekampung tadi tetap memanggil saya ARUD sehingga teman-teman saya yang luar desa Saya sudah banyak memanggil saya ARUD terus ke SMA, bahkan di bangku Kuliah di salah satu Unibersitas tempat saya kuliah nama ARUD exis di kampus, kawan-kawan dari kabupaten lain begitu akrabnya saya di panggil ARUD. Sampai tamat kuliah pulang kampung ARUD tetap tampil di masyarakat. Oleh karena itu nama ARUD saya angkat di blog saya.

Kalau dianalisah seorang ARUD itu memang bodoh kurang medapat pendidikan dari kecil atau nutrusi dari masa hamil orang tuanya, tapi apa boleh buat zaman waktu sangat miskin, masa transisi sesudah perang kemerdekan, orang-orang makan ubi kayu, Sagu. Ubi dan kelapa yang di olah makanan. 

Mungkin juga saya ada benar nya mendapat gelar ARUD sebab di waktu Sekolah Dasar saya delapan tahun, 2 tahun tidak naik dari kelas satu kelas dua dan kelas empat kekelas lima. Mulai berobah, mulai belajar sehingga start kelas empat sampai enam saya mendapat ranking 1,2 dan 3. (berganti tiap CAWU). Seterusnya tingkat SMP masih masuk dalam rangking sepuluh besar begitu juga tinggkat SMA masih mendapat juara dan masuk rangking 10 besar.

Tamat SMA 2008 saya melanjutkan ke kuliah salah satu AKADEMI AKUNTANSI MAHAPUTRA RIAU PEKANBARU Jurusan AKUNTANSI sebagai mahasiswa mendapat beasiswa selama 3 tahun kuliah,  lagi-lagi ARUD Gagal kuliah, di semester dua, sesudah tes tengah semester saya berhenti karena tidak mampu mengikuti materi akuntansi tahap 2. Dalam perkuliahan itu juga saya kursus Bahasa Inggris di AL Ashar pekanbaru selama 6 bulan juga, sebelumnya saya di kelas 3 SMP saya kursus bahasa inggris dengan pak MASDI AMBRIS, di SMA saya kursus bahasa inggris dengan Ibu PEGGY MELATI dan BAPAK JUMADIL AWAL, tidak berlangsung lama berhenti, kemudian saya cari guru lagi maka saya kursus bahasa inggris lagi dengan bapak SYAMSUDIN  dengan jadwal malam. Terus baru lanjut ke AL Ashar pekanbaru setelah tamat SMA.

Berhenti saya di AAM RIAU, tahun 2002 saya coba masuk UNRI-Pekanbaru dengan Pihan satu saja yakni Bahasa inggris, dalam itu juga saya daftar di UIR- Pekanbaru dengan Jurusan Bahasa Inggris, tes UNRI melalui tes SMPTN tidak lulus, Alhamdulillah lulus di Universitas Islam Riau akhir nya tamat sebagai Serjana Pendidikan Bahasa Inggris dengan masa kuliah lebih kurang 11  semester.  

Selesai wisudah ambil ijazah mengajarlah di SMKN 2 logas Tanah Darat dan SMAN 1 Pangean dimana tempat saya penelitian dan sekolah dulu, waktu namanya SMA Darussalam Pangean yang kepala sekolahnya Drs. Syarwanis Royrick. Sekitar 1 tahun saya mengajar di SMAN 1 Pangean, sekarang saya hanya mengajar satu sekolah yakni SMKN 2 Logas Tanah Darat sejak 15 November 2007 sampai sekarang.
Lagi-lagi ARUD telah delapan tahun mengajar sebagai Guru Tidak Tetap di perkirakan ikut tes GB, PNS, dan Sekolah lain sudah 8 kali tes belum juga ada kesempatan untuk lulus, di tambah lagi Tes UKG 2 kali berarti saya sudah 10 kali tes. Tes UKG kemaren hanya betul 18 saja. Bagaimana nasib kedepannya? Yang peting terus berusaha.

Kepandaian lain yang ARUD miliki secara otodidak tanpa kursus adalah tentang computer, mulai dari menjalankan program, bongkar pasang, instal laptop dan computer serta service printer. Sekarang sudah mulai aktif di BLOGGER, dengan situs arudboy.blogspot.co.id. sekian

Lebih lanjutnya kegiatan yang sudah saya lakukan klik Profil saya.

   

   

Posting Komentar

0 Komentar