Tips mengatasi tekanan pekerjaan berat

Solusi menghadapi pekerjaan berat


ketika kita bekerja di suatu instansi atau perkantoran lain, sering kita mendapatkan sebuah pekerjaan yang terlalu banyak sehingga dengan pekerjaan tersebut kita selalu mengeluh dan tidak sesuai dengan imbalan jasa dari atasan kita.penulis memberi solusi sehingga anda tidak merasa mengeluh atas pekerjaan tersebut.




Jadikan pekerjaan sebagai experience 
 beban pekerjaan yang diberikan kepada anda harus anda pahami terlebih dahulu bahwa pekerjaan yang anda lakukan untuk mencari pengalaman, tanpa kita coba pengalaman tidak anda dapati. memang tidak ada sebuah pekerjaan yang anda lakukan itu selalu mendapatkan tanggapan yang baik, dari rekan sekerja atau atasan anda tetapi luangkan pikiran anda untuk dapat menerima kritikan dan saran dari orang tersebut, apalagi anda mungkin baru menjabat sebuah jabatan atau baru mulai bekerja. maka niatkan dalam hati bahwa pekerjaan ini semata untuk mencari pengalaman.

Pekerjaan menjadikan anda tenang dalam berpikir
Dalam sebuah pekerjaan yang anda emban pasti mengalami masalah baik internal maupun external, dengan demikian masalah demi masalah, anda pasti memaksa diri anda untuk berpikir mencari solusi, perlu anda ingat setiap masalah pasti ada jalan keluarnya. tidak perlu menyerah. apakah melalui solusi anda, perundingan, rumbuk atau musyawarah. setelah keluar dari permasalahan ini kepuasan anda akan terasa sebagai pengambil keputusan. dengan banyak permasalah yang telah anda selesaikan dengan berbagai cara, pola berpikir anda pasti berbeda dan akan tenang menghadapai masalah yang ada.

Hindarkan kritikan pada atasan anda
  katakan lah anda sedang mengalami perintah-perintah dari atasan anda untuk mengerjakan ini dan itu, sepanjang anda bisa lakukan "kerjakan lah", sebab pekerjaan itu bisa jadi sebuah amanah kepada anda untuk lebih tahu dan terampil atau bahkan untuk mengajari anda sebagai calon pemimpin walaupun belum saatnya. jadikan perkerjaan itu  sebagai pemandu anda untuk meniti karir ke jenjang lebih tinggi. sebab seorang atasan harus mempunyai nalar yang bagus, maka hindarkan kritikan terhadap atasan anda.

  
 Jauhkan prasangka dalam bekerja
anda mungkin sebagai pemegang keungan atau jabatan lain yang bersifat keuangan, tentu anda harus berhati-hati dalam memegang atau menyimpan uang serta dengan teliti melakukan transaksi debet dan kredit. tetapi anda adalah seorang bawahan yang tidak bisa mengambil keputusan sendiri terhadap transaksi, perlu pertimbangan atasan anda. bertolak belakang dengan pemikiran dan perlakuan anda bahwa atasan anda terus menerus meminta uang untuk keperluan dan sebagainya. sehingga anda mengeluh dan merasa tidak nyaman dengan posisi anda. perlu anda ketahui bahwa atasan andalah yang bertanggung jawab atas keuangan tersebut,dan anda membuat pertanggung jawaban hanya kepada atasan anda, maka tidak perlu anda merasa pusing, apapun bentuk debet kreditnya ada tulis dalam pembukuan anda dan jangan sekali-kali anda melakukan sesuatu dengan tidak transparan. hilang prasangka anda dan tetap berbuat yang terbaik.

Ihklas Bekerja
Dari sisi pandang agama setiap pekerjan yang kita lakukan dengan ihklas maka pekerjaan tersebut mendapat balasan  dari Tuhan Yang Maha Esa. dengan niat ini, apapun bentuk pekerjaan anda lakukan baik sulit, mudah ataupun dalam masalah maka hati anda mendapat ketenangan dalam bekerja. mungkin belum saat ini anda mendapatkan pekerjaan bagus ataupun posisi jabatan yang bagus pula dengan ihklas berkeja suatu saat pasti Allah SWT memberi anda jalan yang terbaik, amiin.

semoga bermanfaat bagi anda.  
 



Posting Komentar

0 Komentar