Karir seiring perjalanan waktu

Perjalanan Waktu

“Waktu”, waktu ini yang membuat kita menjadi “dewasa”. Maka jangan kita sia-siakan waktu, kadang waktu ini tidak terlalu kita hiraukan, tetapi sangat dekat dan erat sekali dengan pergerakan kita, yang membuat kita stabil beraktivitas mengikuti pergerakan waktu. Kadang waktu itu bisa menyadarkan kita melakukan tindakan kita sehari-hari, mulai lah anda mengatur waktu yang sekarang sudah ada jam yang bisa tempelkan ditangan yang bisa kita bawa kemana-mana untuk landasan anda melihat waktu, kalau kita lihat kebelakang (Pada zaman dahulu belum ada jam ataupun jam belum merambah kepelosok-pelosok, tetapi pada waktu itu untuk melihat perputaran waktu orang-orang menggunakan bayang-bayang suatu benda yang di tancapkan ketanah, apabila posisi bayang-bayang tegak lurus berarti hari pun menunjukan sekitar jam 12 siang (saat ini), dan apabila posisi bayang-bayang arah kebarat bearti hari  hampir sore. Begitu perputaran waktu sebagai alat untuk menunjukan waktu). Kalau kita cermati kalimat diatas tidak berkurang semangat sedikitpun orang-orang kita pada zaman dahulu untuk meniti kehidupun yang serba kekurangan dan tantangan yang sangat berat.
Ada 3 pembahasan tentang  waktu:

1.       sebagai titik awal menentukan daya gerak

Sebagai dasar daya gerak dalam pola kehidupan manusia tidak terlepas dari waktu, kita anggap masih dalam kandungan selama waktu Sembilan bulan dan melahirkan perlu proses waktu dan juga masa waktu kanak-kanak, ini suatu pondasi dalam perjalanan daya gerak manusia, tanpa kita sadari masa ini perjalanan hidup mulai dari kandungan sampai masa anak-anak akan berbeda perlakuan, tindakan dan kasih sayang setiap orang. Karena tergantung dari pola asuh masing-masing orang tua beradasarkan tingkat ekonomi, pendidikan orang tua serta kasta. Pada titik awal ini kita memang belum bisa berfikir, bagi nasib nya bagus pada waktu itu tidak ada masalah, tetapi bagi yang malang tidak seorang pun yang bisa persalahkan.  Jika anda berada pada nasib yang malang, baik pada orang tua, berarti anda di siapkan untuk mendapatkan pengalaman hidup dan pola perluasan  daya pikir anda, jika di banding dengan orang bernasib  baik pada masa kecil nya. Maka kesuksesan dan keberhasilan anda ada pada daya gerak anda, mulai anda bisa berfikir untuk masa depan, memang secara religious keberhasilan kita sudah digariskan oleh sang pencipta. Namun usaha keras anda lah sebagai petunjuk dan hidayah oleh Tuhan untuk merobah nasib anda.

2.       sebagai arah dalam suatu perjalanan hidup

Ketika anda akan berangkat kerja atau kemanapun anda pasti perlu keberadaan waktu, karena bagi anda yang mempunyai pekerjaan padat sangat di butuhkan ketelitian dalam mengatur waktu.  Penulis mengartikan waktu adalah sebagai kompas penunjuk arah dari perjalan hidup manusia, sebab di saat anda sudah mulai bisa berfikir tentang perjalanan karir anda, kehidupan anda, tidak akan mungkin anda selalu berada  dalam perjalanan yang salah, tetap ingin menapak hidup dengan benar mulai sekarang untuk mempersiapkan masa depan anda. Sekalipun arah kompas menunjukkan arah yang tepat kemana tujuan, hidup manusia tidak semulus penunjuk arah tersebut namun untuk mencapai titik tujuan adalah sama. Gelombang laut, curamnya ngarai serta tinggi nya gunung harus kita jalani ini merupakan suatu pengalaman hidup untuk mencapai suatu tujuan. Mengapa demikian, jika anda sudah menjabat suatu kedudukan yang baik di suatu tempat (perusahan, kantor dll), dikarenakan anda sudah lewat dan lulus dari perjalanan itu, karena pekerjaan berat kita lakukan sebelumnya, merupakan suatu pendidikan yang tidak ada pengajarnya tetapi waktu itulah yang mengajari anda. Dari situ lah anda berangkat dan sehingga anda mencapai kedudukan yang sukses.


3.      Waktu itu tidak Instan
Contoh: saya sudah lama pandai menjalankan computer atau laptop dan sudah bisa juga saya menjalakan internet, dan saya sudah lama ingin membuat blog tetapi belum bisa. Kemudian saya sudah buat blogger tetapi perlu seharian saya belajar dan bertanya sama kawan-kawan, tiga hari saya belajar pada hari ke tiga itulah saya baru bisa. Kalau kita bertanya, Kenapa saya tidak hari pertama itu bisa pandai? Atau kenapa saya tidak dari dahulu saya pandai membuat blogger? ‘yang lain’ kenapa saya tidak dahulu kaya, pandai, menemukan sesuatu, beristri/suami? Siapa yang bisa menjawab. “waktu”. Semua yang kita lakukan tidak instant bak tidak semudah membalikan telapak tangan. Jika anda baru berumah tangga ingin mempunyai ini-itu tidak akan bisa kalau belum waktunya. Maka jalani waktu itu dulu dan tetap bekerja keras jangan malas. “bekerja saja gak usah telalu banyak mikir”.
  
4.      Sebagai motivator untuk menuangkan pemikiran
Sebagai pengalaman yang banyak dan telah menuai perjalanan panjang dari kehidupan anda serta telah menjadi seseorang yang sukses sudah waktunya untuk menuangkan pemikiran, keahlian dan pengetahuan kepada siapapun. Karena anda tidak selamanya hidup ataupun bisa melakukan pekerjaan yang biasa anda lakukan, sangat diperlukan generasi pengganti yang akan menduduki kesuksesan pada masa yang akan datang, sebab dalam roda kehidupan sangat diperlukan orang-orang sukses untuk bisa berbagi kepada siapapun. Anda adalah seorang motivator sebagai pemandu, pendamping serta pembimbing dalam merangkai penataan kehidupan generasi anda. Tidak akan sukses anda jika sebelumnya juga ada pemberi motivator dalam bentuk apapun  yang anda dapatkan. Sepanjang anda memberikan teori anda, ilmu anda tidak akan habis nya. Tuangkan dan ajarkan ilmu anda semasih ada waktu  yang bisa anda gunakan



Semoga bermanfaat………….

Posting Komentar

0 Komentar