Kiat Hindarkan Iri Hati


Iri hati sangat dekat pada diri manusia, terkadang iri bisa tidak terkendali pada pada diri kita sehingga mengakibatkan rasa emosional yang sangat buruk. Iri sangat beda dengan kesalahpahaman informasi yang bisa di telusuri kearah pangkalnya. Tetapi iri berada pada hati manusia atau Qolbu yang mempunyai sifat kejengkelan pada orang lain. Cara menghilangkan rasa iri ini ada 2. Pertama, apa yang kita inginkan tercapai dan kemudian Iman (Kepercayaan kepada sang pencipta). 

ada beberapa Iri hati yang sering berada di sekitar kita :

1.      Iri melihat orang berhasil
Iri ini bisa kita atasi dengan cara berfikir, apakan kita bisa bertanya, belajar, atau kursus sama orang berhasil ini sehingga kamu bisa mencapai keberhasilan walaupun tidak sejajar dengan orang tersebut, dan harus kamu pikirkan juga bakat dan kemauan anda pasti berbeda dengan orang tersebut, tekuni bakat anda. nah untuk apa kita iri

2.      Iri melihat orang pintar,
Jika anda iri dengan orang pintar rasanya tidak masuk akal, mengapa dia pintar berarti dia suka belajar keras, suka membaca, mendengar dan sebagainya, apakah anda belajar seperti dia yang pintar? Kalau belum lakukan seperti teman anda yang pintar tersebut.

3.      Iri melihat orang ada dari sesuatu benda
Benda adalah sesuatu  bentuk kepuasan tersendiri pada masing-masing orang maka benda tidak akan sama setiap orang kecuali benda yang umum di pakai orang. Jika teman anda mempunyai sesuatu, tidak usah anda meronta-ronta untuk minta dibelikan pada orang tua, sebagai seorang yang berfikir, fikirkan gunanya dulu pada kita apakah bermanfaat? Dan semisalnya benda tersebut ada, bisakah anda membiayai benda tersebut (bergerak), atau adakah tempat yang cocok anda letakkan di rumah kita? Kalau belum, gak usah iri dengan   kepunyaan orang tersebut.

4.      Iri melihat orang lain kaya
Kaya ini memang tidak setiap orang memilikinya, lebih banyak orang miskin di Indonesia secara umum, tetapi tingkat ekonomi menengah masih banyak di daerah kita. Kaya ini memang atas dasar kekuatan dia dalam bekerja untuk mengatur ekonomi nya, rizki yang datang dari Tuhan itu berlebih dari orang lain. Kalau kita iri terhadap kekayaan orang lain atau  tetangga anda maka akan muncul masalah besar pada diri anda, anda bisa tidak tegur sapa karena perasaan jengkel atau pun anda bisa juga bercerita sana-sini menceritakan keburukan orang lain atas dasar iri, hal seperti ini sangat merusak kepribadian anda di mata orang lain. Bagaimana cara mengatasinya? Sepanjang orang tersebut tidak ada masalah dengan anda jalin lah persaudaraan dengan nya, sebab dengan persaudaraan itu memudahkan kita dari segala urusan. orang kaya di utus oleh Tuhan untuk membantu yang lemah. Kalau roda berputar mungkin belum waktu nya ada pada anda. Berusaha lah hilangkan rasa iri. Baca lebih lengkap perjalanan waktu

5.      Iri melihat orang karena  tidak mengikuti aturan
Aturan memang selalu ada dimanapun, tetapi anda jangan selalu berbuat, berteriak anda lah yang bisa menjalankan aturan tersebut, ada kawan anda yang tidak bisa menjalankan aturan tersebut tetapi mungkin ada alasan tertentu pada kawan anda, sebab anda dengan dia itu sudah jelas berbeda, kalau anda seperti dia apakah bisa juga? kalau sama beri nasehat kalau gak bisa biarkan saja, kalau anda mengikuti aturan, pemikiran dan pola perilaku anda akan maju asal hilangkan rasa iri anda.

6.      Iri terhadap orang yang akan menjadi pemimpin
Setiap kelompok, organisasi, grup, instansi, perusahaan, dll pasti ada pemimpin atau ketua nya. Pemilihan ini bisa berdasarkan musyawarah atau pun di tunjuk langsung oleh yang berwenang. Terpilih nya orang tersebut karena ada penilaian tersendiri dengan banyak kriteria. terpilih seseorang sesuai kebutuhan atas kemajuan organisasi nya dan ada juga Amanah. Nah, kalau dicermati kalimat diatas tidak usah iri karena anda belum sesuai menjadi pemimpin sesuai dengan kebutuhan organisasi terbut, Jangan katakan anda hebat kalau orang belum memahami siapa anda. Atau anda belum berbuat banyak dalam organisasi tersebut, maka pahami dulu perjalanan organisasi sehingga anda akan menjadi orang terpercaya dan amanah. Untuk apa iri?

Semoga bermanfaat…

Posting Komentar

0 Komentar